Kamis, 06 Agustus 2015

Maraknya Oli Mesin Diesel Untuk Sepeda Motor

Hasil gambar untuk tap oli diesel sepeda  new mega proPenggunaan oli yang bagus pastinya akan membuat mesin kendaraan menjadi lebih baik performanya, namun yang menjadi permasalahan oli-oli dengan bahan dasar yang bagus , khususnya untuk sepeda motor banderol harganya memang tidak murah bisa di bilang mahal , bahkan untuk oli dengan bahan dasar yang baik harganya pun bisa mencapai diatas seratusan ribu rupiah perliternya , cukup berat untuk menebus oli dengan harga di atas seratusan ribu rupiah , apalagi kantong-kantong pelahar. karena kendaraan kami bukanlah prioritas dalam pembagian dana haha. kendaraan harus bisa diajak susah tapi tetap enak dikendarai.
iseng iseng browsing di kaskus , bertemulah salah satu thread yang membahas seluk beluk penggunaan oli mesin diesel/HDEO untuk sepeda motor kopling basah, serta oli mobil mesin bensin /PCMCO untuk motor matik, setelah membaca dan tanya sana sini, akhirnya saya coba juga tuh oli diesel.
kualitas yang lebih baik dibanding oli mesin motor biasa/mco tapi dengan harga yang lebih murah atau sama, rentang penggantian oli yang lebih lama karena oli mesin diesel mempunyai aditif yang membuat daya kerja oli bisa bertahan lama dalam kondisi optimal, atau bisa disebut long drain interval oil, oli diesel mempunyai kandungan ‘TBN’ yang lebih banyak dari oli mesin bensin sehingga sulfur-sulfur hasil pembakaran yang menerobos masuk ke dalam oli mampu dilibas oleh kandungan detergen yang tinggi pada oli diesel sehingga membuat mesin lebih bersih dari kerak dan sisa pembakaran, oli diesel aman untuk pemakaian kopling basah/tidak menyebabkan slip kopling, beberapa testimonial dari teman-teman grup LDIC di facebook sudah menggunakan oli disel ini pada motornya dan tidak ada keluhan.
penjelasan mengenai oli diesel , pada mesin diesel asam yang dihasilkan tinggi, makanya butuh TBN tinggi. “Padahal asam itu salah satu yang merusak kualitas oli, dengan TBN tinggi maka jadi lebih tahan lama,” ujar Dr. Ing. Tri Yuswidjajanto, Lab Motor Bakar dan Sistem Propulsi Institut Teknologi Bandung (ITB).
Angka TBN oli diesel yang tinggi, yang berupa aditif terutama detergent & dispersant, dibutuhkan di mesin diesel untuk untuk membersihkan jelaga (soot) dan juga menetralisir asam hasil pembakaran. Asam tersebut dihasilkan dari pembakaran solar yang mengandung sulfur tinggi, seperti solar biasa yang mencapai 3.500 ppm. 
Atas dasar itulah, pecinta oli diesel menggunakan oli jenis ini pada sepeda motornya . “Dengan TBN tinggi, kerusakan oli akibat asam bisa lebih lama. Di mesin diesel yang asamnya tinggi saja kuat, apalagi di mesin bensin yang asamnya sedikit karena tak mengandung sulfur, makanya periode penggantian oli diesel bisa lebih lama, saya biasanya tiap 6.000 km,” ujar Arya Bisma, salah satu penggemar oli diesel. Dengan penggantian lebih lama, maka penghematan bisa dilakukan
Satu lagi sifat oli diesel menurut Rudy, sapaan Rudy Hartono, oli ini dirancang memiliki antioksidan yang tinggi, untuk mencegah oksidasi yang disebabkan oleh panas mesin, karena mesin diesel memiliki tenaga lebih besar dan panas yang dihasilkan di ruang bakar lebih besar dari bensin. 

Efeknya ketahanan oli diesel lebih baik, atau terhadap shear. “Shear merupakan kondisi dimana viskositas oli menurun untuk sementara akibat 2 hal, yaitu suhu yang tinggi dan tekanan yang kuat. Makanya untuk jangka panjang mesin tetap halus,” lanjut Arya.
HDEO PCMCO oli diesel untuk motor meditran SXUntuk penggunaan oli diesel tahap pertama memang disarankan untuk flushing, tapi sepeda motor memiliki konstruksi mesin yang tidak serumit mobil jadi flushing dilakukah hanya dengan menggunakan oli saja tidak dengan cairan khusus flushing karena malah akan merusak.
cara flushing-nya mudah saja gunakan oli diesel untuk proses flushing kemudian diganti sebelum masa pakai normalnya, contoh oli diesel merk Pertamina Meditran SX, oli ini dijual dengan harga 48rb saja, spek vikositasnya 15W-40. sebaiknya sebelum penggantian oli baru filter oli diganti.
contoh penggunaan pada motor Honda New Mega Pro. Meditran SX  digunakan sampai jarak hampir 600KM (tahap flushing ) kemudian di tap dan di tuang dengan oli baru, berikut review penggunaan oli diesel Meditran SX/MSX pada NMP 2011 :
1. perpindahan gigi halus, tidak ada suara kasar ceklok meskipun pada saat awal start pagi hari/setelah lama motor tidak digunakan.
2. dengan rute jalan pantura yang panas kalau siang hari saya tidak merasakan mesin ngempos kepanasan seperti dlu masih menggunakan oli khusus motor.
3. suara mesin lebih halus rada mendem-mendem gimana gitu kaya moge *hoek :D.
4. mesin panas makin enak lajunya.
5. tarikan mesin menjadi sedikit berat.
6. setelah penggunaan kurleb 600km oli ditap terjadi pengurangan/penguapan sekitar 200ml (sil/gasket head silinder NMP  bocor belum sempet ganti mungkin ikut mempengaruhi penguapan).
itulah beberapa point point utama yang dirasakan saat pertama mencoba menggunakan HDEO, untuk tahap dua  mencoba menggunakan oli HDEO lain yaitu Pertamina Fastron Diesel/PFD.
Hasil gambar untuk mobil delvac mxHasil gambar untuk fastron dieselHasil gambar untuk excel dieselHasil gambar untuk shell rimula r4x

contoh contoh oli mesin diesel yang sering di gunakan oleh member LDIC grup faceebok.

6 komentar:

  1. Bagus banget informasinya dan sangat bermanfaat sekali untuk saya.
    terima kasih admin.

    BalasHapus
  2. Kalau pake hdeo pas dingin susah juga nyalain motornya...
    So, harus pintar pintarmilih oli hdeo

    BalasHapus
    Balasan
    1. susah hidup itu setelan enginenya...pakai hdeo ga akan bikin motor susah start....hdeo bikin engine tambah smooth ...repsol diesel mmg oke...

      Hapus
  3. Kalau oli mesin diesel buat motor matic seperti Honda Vario 110FI gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending Pake PCMO yang 5w30 diLapak Online Banyak Om

      Hapus
  4. Untuk ninja 250 fi spek oli sae nya 10w-40 cocoknya pakai oli diesel apa yg bagus

    BalasHapus

Terima kasih atas partisipasi anda dalam memajukan blog ini.